Ini Dia Manfaat Dibalik Rooting Android

Halo! Kali ini saya akan membahas tentang manfaat dibalik Rooting Android. Bagi yang belum tahu, root adalah bahasa yang diambil dari kosa kata bahasa inggris yang berarti akar. namun secara terminologi, root Android merupakan analogi akar alam sistem operasi android. Jadi, root bisa mengizinkan user untuk memodifikasi atau mengubah file sistem. 

Nah, berikut manfaat dari Rooting Android :

1. Menghapus Bloatware

Bloatware adalah aplikasi bawaan dari sistem. Bloatware ini  jarang sekali digunakan, atau bahkan tidak berguna sama sekali. Yang lebih parahnya lagi Bloatware ini tidak bisa diuninstall atau dicopot dari handphone kamu. 
Nah, dengan keunggulan root kamu dapat menghapus Bloatware yang sangat tidak penting. 

2. Memori Internal Jadi Lebih Luas

Mengapa bisa jadi lebih luas? Karena dengan manfaat root ini kamu bisa menginstal aplikasi atau game di kartu memori. Untuk bisa melakukannya kalian harus mempunyai aplikasi Link2SD.

Kamu bisa lihat tutorial cara menggunakan Link2SD di internet. 

3. Baterai Menjadi Lebih Awet dan Hemat

Nah dengan manfaat dari rooting olehAndroid, kalian bisa membuat baterai Android menjadi lebih awet. Caranya kalian tinggal memasang aplikasi Battery Calibration. 

 dari Battery Calibration adalah untuk membetulkan tampilkan persentase baterai kalian agar kapasitas baterai yang tampil di layar smartphone sesuai dengan kapasitas baterai yang sebenarnya. Kalibrasi baterai menghindarkan kondisi dimana saat baterai belum penuh, tapi tampilan sudah penuh, sehingga ketika dipakai terasa cepat drop.

4. Membuat Kinerja Android Menjadi Lebih Baik

Agar membuat kinerja android lebih baik, kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify. Greenify adalah melakukan hibernasi aplikasi yang beroperasi di background. Dengan begitu RAM ponsel Android kita akan menjadi sedikit longgar sebab aplikasi yang berjalan di belakang di-hibernasi agar tak menganggu aplikasi yang sedang kita gunakan. 

5. Custom Rom

Jika kalian bosan dengan tampilan handphone Android kalian, maka saya sarankan untuk Custom Rom. Selain tampilannya yang sangat menarik, Custom Rom juga sangat baik dalam hal kinerja dan banyak mempunyai fitur-fiturnya. 

Ada banyak pilihan dari Custom Rom, antara lain LineageOS, Cyanogenmod, Resurrection Remix, AOSP, XOSP, Validus, dan lain sebagainnya

6. Membloki Iklan Yang Menganggu

Pasti kalian tidak suka dengan iklan yang mengganggu. Dengan melakukan root kita juga bisa membuat android bersih dari iklan. Salah satu hal yang dikeluhkan oleh pengguna android adalah banyaknya iklan yang bersliweran di ponsel.

Dengan menggunakan aplikasi Adaway, kalian bisa menghilangkan iklan-iklan yang mengganggu saat kalian membuka aplikasi.

Itu tadi manfaat dari Rooting Android. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan komentar