6 Situs Belajar Web Programming

Halo! Apakah kalian tertarik untuk menjadi Web Programmer? Kalau iya maka saya mempunyai referensi untuk belajar Web Programming. Web Programming memungkinkan kamu untuk bisa membuat website sendiri. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website meliputi HTML, CSS dan Javascript. Untuk menguasai ketiga bahasa pemrograman itu tidak terlalu sulit kok, yang penting jika ada niat pasti bisa!

Nah tanpa basa-basi lagi berikut daftar situs belajar web programming

1. Codecademy

codecademy2-1024x546

Codecademy adalah pilihan tepat untuk mulai belajar coding dan sangat direkomendasikan oleh banyak orang. Codecademy ini mempunyai fitur yang sangat berguna untuk kita belajar coding yaitu dengan mempraktekannya sendiri di websitenya. Bahasa Pemrograman yang ditawarkan dari Codecademy ini cukup banyak, seperti : HTML, CSS, Javascript, jQuery, PHP, Python, Java, Git dan masih banyak lagi.

Selain itu kita juga bisa menjadi pengajar di Codecademy ini dengan menggunakan fitur “Teach” dan kita bisa membuat project sendiri melalui Codecademy ini.

2. W3Schools

w3schools-offline-version-download-2016-latest-full-website

Tidak kalah dari Codecademy, W3Schools ini sangat mudah dan cukup lengkap untuk mempelajari tutorial pemrograman. W3Schools juga mempunyai fitur “Try it Yourself”, maksudnya adalah kita bisa mencoba mempraktekkan langsung kode yang sedang dibahas saat itu juga. Bahasa Pemrograman yang ditawarkan dari W3Schools ini meliputi : HTML, CSS, Javascript, jQuery, PHP, MySQL, ASP, dan masih banyak lagi.

Di W3Schools juga memberikan contoh template website yang keren dan juga tutorial cara membuat template tersebut. Yang tidak kalah menarik, di W3Schools ini juga menyediakan sertifikat yang sangat penting untuk kita jika ingin menjadi Web Developer. Harga dari sertifikatnya pun cukup mahal yaitu 95 Dollar, tetapi sebanding dengan apa yang kita dapatkan

3. Codeschool

code-school-home-page-740

Codeschool ini sangat bagus karena setiap tutorialnya itu tidak hanya melalui artikel, tetapi juga melalui video. Jadi cukup mudah untuk dipahami. Ada 4 kelas atau tutorial yang gratis di Codeschool ini, yaitu : HTML/CSS, Ruby, iOS, dan Javascript.

Bukan hanya memberikan tutorial, tetapi Codeschool ini juga memberikan kita tantangan-tantangan yang sangat berguna untuk melatih kita. Tantangannya bisa berupa pembuatan sebuah objek yang ditampilkan dengan kode yang sudah dipelajari.

4. Sekolahkoding

home-page-sekolah-koding-compressor

Tidak kalah dari website luar, website dalam negeri Sekolahkoding ini sangat cocok untuk kita belajar Web Programming. Di Sekolahkoding, kelas atau tutorial disampaikan berupa video sehingga mudah untuk dipahami. Selain itu, banyak juga video tutorial-tutorial yang gratis. Jika ingin menjadi Premium Member agar kita bisa mengakses semua video tutorialnya cukup dengan membayar 75 ribu/bulan, jika kita memilih 6 bulan maka harganya 375ribu (hemat 75ribu).

Bukan hanya tutorial, Sekolahkoding ini juga mempunyai fitur Mading, Forum, Podcast dan juga Perpustakaan. Mading berfungsi untuk memajang karya kita, Forum berfungsi untuk tanya-jawab jika kita menemui kesulitan, Podcast berfungsi untuk mengobrol santai seputar tips-trik-dan lain lain, dan Perpustakaan berfungsi untuk kita jika ingin memberi tutorial kepada member-member lainnya.

5. CodeSaya

codesaya

CodeSaya ini sangat menarik karena hampir mirip dengan Codecademy tetapi dengan versi Bahasa Indonesia sehingga mudah dipahami. Kita tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai aplikasi untuk mulai belajar pemrograman seperti memasang teks editor dan lain-lain, cukup bermodalkan web browser seperti Google Chrome atau Firefox kita bisa belajar.

Bahasa Pemrograman yang ada pada CodeSaya yaitu : PHP, Javascript, Phyton dan Git. Selain itu, di CodeSaya juga mempunyai fitur forum jika kita sedang kesulitan dalam belajar atau mencoba apa yang telah dipelajari.

6. Dicoding

dicoding

Menurut saya Dicoding adalah sebuah program yang dapat membantu siapapun untuk dapat belajar tentang teknologi-teknologi yang sedang berkembang dewasa ini. Misalnya seperti Mobile Apps, Web, Games dan lain-lain.

Dicoding Academy adalah tempat untuk belajar secara online bagi yang masih pemula hingga yang sudah mahir. Jika kalian sudah mengikuti Dicoding Academy dan kalian telah berhasil lulus dari kelas yang kalian ikuti maka kalian akan mendapatkan sebuah Sertifikat Kelulusan.

 

Itulah beberapa Situs untuk belajar Web Programming

Semoga Bermanfaat!

One thought on “6 Situs Belajar Web Programming

Tinggalkan komentar