Teks Editor Terbaik Untuk Kamu Yang Suka Programming!

Halo! Kali ini saya akan membahas tentang teks editor terbaik untuk kamu yang suka sekali coding atau programming. Teks editor biasanya hanya mempunyai fungsi untuk menulis kode program atau coding dan tanpa disertai dengan compiler. Teks editor sering digunakan oleh seorang web development untuk membuat sebuah halaman website.Ada banyak sekali pilihan teks editor yang bisa kamu pakai. Saya telah mengumpulkan beberapa teks editor terbaik yaitu sebagai berikut

1. Sublime Text

Sublime Text sudah terbukti menjadi teks editor terbaik. Selain tampilannya yang sangat bagus, Sublime Text mempunyai banyak fitur dan kinerja yang luar biasa. Banyak programmer yang mengandalkan teks editor ini karna memang cukup ringan tetapi mempunyai banyak fitur.

Beberapa fitur dari Sublime Text yaitu command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API. Kamu juga bisa download plugin untuk Sublime Text di internet. Oh iya, Sublime Text tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar.

2. Atom

Atom adalah text editor yang memiliki lisensi open source dan tersedia untuk platform OS X, Linux, dan Windows. Lisensi open source Atom tersedia di Github, jadi kalian bisa mengubah fitur-fitur Atom sesuai keinginan kalian.
Sebenarnya, tampilan dari teks editor ini hampir mirip dengan Sublime Text dan fitur-fiturnya pun hampir mirip. Selain itu, Atom banyak digunakan oleh orang-orang karna gratis, berbeda dengan Sublime Text.

3. Visual Studio Code

Tidak mau kalah, Microsoft pun meluncurkan teks editor baru yaitu Visual Studio Code. Seperti editor pada umumnya VSCode memiliki fitur syntax coloring dan bracket matching.VSCode tersedia gratis di website resminya. VSCode juga memiliki fitur IntelliSense yang cukup canggih.

Ada fitur yang cukup menarik dari VSCode yaitu telah integrasinya version control git dalam VSCode. Dengan adanya fitur ini kita dapat dengan mudah melakukan commit, melihat perubahan di repositori master maupun branch, bahkan VSCode akan memberikan penanda jika terjadi konflik pada repositori git kita.

4. Notepad

Siapa sih yang tidak kenal dengan Notepad? Notepad++ adalah text editor terbaik yang berjalan di sistem operasi Windows yang didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Berbeda dengan Notepad biasa, Notepad++ mempunyai kelebihan yaitu interface atau tampilannya cukup bagus. 

Notepad++ mendukung banyak bahasa, di antaranya Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan lainnya. Selain itu, terdapat beberapa plugin di Notepad++ yang bisa membuat mempermudah pekerjaan.

5. Light Table

Light Table merupakan teks editor yang berasal dari crowdfounding di Kickstarter yang berhasil mengumpulkan dana sebesar US$300 ribu. Light Table memiliki banyak fitur seperti teks editor pada umumnya dan mempunyai tampilan yang modern dan inovatif.

Editor ini dapat dengan mudah disesuaikan, bahkan kamu bisa menyematkan grafis dan melihat secara real time hasil kode tertentu. Light Table memiliki integrasi khusus untuk beberapa bahasa pemrograman, yakni Clojure, JavaScript, HTML, dan CSS.
6. Bluefish

Bluefish memiliki beberapa keunggulan, seperti fitur pencarian yang canggih, fungsi undo atau redo yang tak terbatas, dapat membuka ribuan file sekaligus, dan masih banyak fitur lainnya. 

Walaupun tampilan yang tidak semenarik seperti Sublime Text atau Atom, Bluefish bisa jadi salah satu pilihan karena ditujukan untuk pemakai yang fokus dalam pemrograman web.
Itulah tadi teks editor terbaik, silahkan pilih sesuai kebutuhan anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar